Sabtu, 29 Oktober 2016

Apa itu UVA dan UVB?



Sinar ultraviolet atau yang biasa dikenal dengan istilah UV ini merupakan salah satu bentuk sinar yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari. Radiasi UV adalah bagian dari spektum elekromagnetik (cahaya) dari matahari ke bumi. UV memiliki panjang gelombang yang tak terlihat dengan mata telanjang. Gelombang ini dinamakan UVA dan UVB. Apa itu UVA dan UVB? Berikut penjelasanya.

UVA

Sebagian bedar dari kita terkena paparan sinar UVA dalam jumlah besar. Sinar UVA merupakan salah satu jenis sinar UV yang paling banyak menimbulkan radiasi yaitu 95% dari sinar ultraviolet yang masuk ke dalam atmosfer bumi. Sinar UVA merupakan penyumbang utama dari kerusakan kulit serta dapat menembus awan maupun kaca. UVA merusak sel-sel kulit yang disebut keratinosit dalam lapisan basal epidermis, di mana sebagian besar merupakan penyebab terjadinya kanker kulit. Siar UVA juga tidak terasa panas oleh kulit sehingga dapat menembus lebih dalam ke kulit.

UVB

UVB adalah penyebab utama kulit memerah dan terbakar sinar matahari. Cengderung merusak lapisan epidermis yang merupakan lapisan kulit yang lebih dangkal. Pada dasarnya, sinar UVB memiliki manfaat untuk mengembangkan sintesa dari vitamin D di dalam tubuh. Namun, sinar UVB yang biasanya berada pada intensitas tertingginya pada pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore ini dapat menyebabkan beberapa bahaya pada tubuh ketika terpapar secara berlebihan.


Jadi untuk melindungi Anda dari paparan sinar UVA dan UVB sebaiknya Anda mencari tempat teduh bila berada diluar rumah terutama pada jam 10.00 – 16.00, pertimbangkan untuk menambahkan UV pada kaca film Anda, pakai pakaian yang dapat membantu menangkal paparan UV, dan lindungin kulit sensitif seperti kulit muka, telapak tangan, kepala, dan leher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar